Mau Rekreasi Bersama Anak di Bogor? Kunjungi 3 Tempat Main Ini, Yuk!

0
28
views

I stand outside the classroom, teacher,
At the doorstep to the world.
I want to see it all,
To hear and feel and taste it all.
I stand here, teacher,
With eager eyes and heart and mind.
Will you open the door?

-Janet Galantay-

#DiaryBundaSundul kali ini bertema tempat piknik keluarga, horeee~. Ketika dulu buwin konsultasi dengan okupasi terapis, beliau berkata kalau kegiatan jalan-jalan bersama anak itu memang pentiiingg banget. Terutama aktivitas outdoor, aktivitas outdoor itu merupakan stimulasi multisensori asalkan anak jangan hanya duduk di stroller saja. Tentang kegiatan multisensori sendiri, silakan baca di sini dan di sini yaa… Sekarang buwin fokus membahas tempat main anak di Bogor aja, ehhe..

Kalau boleh menebak, kali ini Budel sepertinya akan menulis #DiaryBundaSundul tentang pantai yang pernah dikunjunginya, bener ngga ya? xD. (maklum sering liat IG Budel, jadi update tentang kabarnya :p)

Baca tulisan Budel di sini yaa

Kriteria Tempat Wisata dan Tempat-Makan Favorit Celoteh Bunda

Buwin sih sebenarnya pengen juga main di tempat wisata alam seperti itu, tapi belum kesampaian karena lokasi tempat tinggal buwin di Bogor bisa dibilang berada di titik yang “kota banget” (ya macetnya, ya dekat gedung perkantoran, kafe-kafe, de el el). Yasudah, tempat main yang dibahas kali ini bisa dibilang tempat main anak “kekotaan” dengan harga yang merakyat, haha.. Let’s check it out!

1. Taman Ade Irma Suryani (Taman Topi Bogor)

Sebagai orang Bogor asli, kami memang lebih familiar dengan nama Taman Topi daripada nama aslinya. Alasannya karena rumah-rumah tempat usaha di sana (tempat fotocopy, tempat jual souvenir, dll) menggunakan “topi-topi lucu” sebagai atap.

DSC_0152

Taman topi merupakan taman kota yang didalamnya terdapat lokasi khusus untuk permainan anak. Untuk masuk ke tempat dengan berbagai wahana ini, dikenakan tiket sebesar Rp 12.000,-. Berhubung usia Matahari belum 3 tahun, maka Matahari masih belum dikenakan biaya tiket masuk, hore~~ Lumayan buat beli es xD.

Wahana permainan yang disediakan cukup banyak, rasanya akan capek jika menyebutkan semuanya (pemalasss). Diantaranya ada komedi putar, kincir, gajah terbang, dan flying fox. Cukup familiar kan :D. Tiket setiap permainannya ada dua jenis, tiket Rp 6000 untuk mainan sederhana dengan durasi singkat, dan tiket Rp 10.000 – Rp 12.000 untuk permainan yang cukup menantang seperti monorail, bombom car, dll.

kuda taman topi

hanak hibuh belani naik kuda sendili

Buwin sarankan untuk langsung membeli banyak tiket sekaligus ketika pertama kali mengunjungi loket. Jadi tidak perlu bolak-balik loket hanya untuk membeli satu atau dua tiket saja seperti yang kemarin buwin lakukan. Boros waktu banget! Untungnya kami berkunjung ke sana pada waktu yang lumayan sepi pengunjung, Jadi alhamdulillah gosah ngantrii~

Meskipun harga tiket tergolong murah, ternyata permainan di sana cukup seru kok :D. Buwin merasa senang di sana, meski tidak sampai cengar-cengir sendiri seperti anak kecil yang kegirangan. Oya, Matahari pun bukan tipe anak yang ekspresif (seperti ibunya). Maka ketika masuk wahana permainan, ekpresinya wajahnya datar-datar saja. Padahal buwin sendiri rasanya cukup deg-degan ketika naik gajah terbang dan monorail. Duh, tinggi banget ini nak, takut ibuk!!

Taman Ade Irma Suryani buka setiap hari, beralamat di Jalan Kapten Muslihat No.16, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Sila dikunjungi yaa bagi yang punya anak, asyik deh! 😀

2. Taman Heulang Bogor

Taman heulang merupakan salah satu ruang publik di kota Bogor. Memang fokus adanya taman tersebut tidak jauh dari tempat untuk olah raga dan rekreasi bersama keluarga. Tapi ketika sampai di sana, pasti pengunjung akan susah untuk fokus, karenaaaaa… banyak sekali pedagang di sekitar taman heulang! :o…

Tugas buwin adalah menggenggam dompet erat-erat agar tidak “gatal” untuk berbelanja di sana. Ya gimana ngga gatel yaaa.. Bisa dibilang hampir semua benda dijual di sana, haha. *buwin berlebihan*

Di sana dijual sepatu, pakaian, mainan, berbagai macam makanan, sampai tirai pun ada! Bonusnya adalah harga yang ditawarkan relatif lebih murah daripada yang dijual di olshop yang mengaku murah. Wiihhhh… Ga tahan kan jadinya 😓.

mobil taman heulang

naik mobilannya sebentar saja, karena adik di rumah jadi harus cepat pulang

Di sana Matahari main mobil-mobilan musik putar (apasih nama yang sebenarnya?) dan main pasir kinetik. Cukup mengeluarkan uang 15rb saja untuk kedua permainan tersebut (permainannya memang bersebelahan dengan pemilik usaha yang sama). Durasi untuk bermain pun boleh sepuasnya sampai anak atau orangtuanya yang bosan, hahaa..

Taman heulang pun biasa dijadikan tempat perkumpulan komunitas yang ada di Bogor. Konon dulu sih komunitas yang berkumpul banyak sekali, sampai kakak saya bilang, “wah ada yaahh komunitas yang membahas beginian” xD. Namun ketika buwin datang beberapa waktu lalu, komunitas yang terlihat hanyalah komunitas dongeng dan komunitas pencinta hamster. Kami sempat berkunjung sebentar ke booth Bogor Hamster Lovers dan mengelus-elus hamster yang super aktif, gemass!

komunitas hamster bogor

hamster super aktif yang tak bisa diam seperti Samudra

Matahari sepertinya senang-senang saja main di taman heulang (“sepertinya” karena buwin tidak bisa menebak dari ekspresi datarnya). Namun sayang kami tidak sempat naik delman karena buwin lupa membawa ATM dan hanya membawa uang pas-pasan. Padahal ia bilang ingin naik kuda sampai berkali-kali 😢. Maaf yaa Matahaliii…

3. Fat Bubble – Dessert Restaurant

Pertama kali tertarik mengunjungi Fat Bubble karena mendengar ada tempat bermain untuk anak. Selain itu lokasinya sangat strategis dan kebetulan dekat dengan tempat tinggal buwin. Jadi bolehlah kita coba yaaa~

Ketika sampai di sana, buwin cukup terkesan dengan dekorasinya yang lucu dan pasti disukai anak. Dessert dan makanannya pun ternyata enaaakk.. Aaaaa, langsung terbayang topping mochi di ice series :9.

fat bubble

main bersama ayah

Oya, buwin menempati tempat duduk di lantai dua, karena dekat dengan playground. Sebelum memasuki area permainan pun terdapat papan aturan yang perlu dipatuhi. Tujuannya agar semua anak dapat bermain dengan nyaman. Tidak lupa tersedia hand sanitizer yang dapat digunakan sebelum dan setelah bermain. Standarnya sudah seperti playground khusus yang tersedia di mall-mall ya?

Jenis mainan yang terdapat pada area permainan pun ternyata dapat mengasah perkembangan motorik anak. Contohnya saja seperti terowongan, kolam bola, trampolin, kuda jungkat-jungkit, jaring, perosotan, mainan hand eye coordination, dan lainnya. Selain membuat anak senang, anak pun dapat memperoleh manfaat lebih karena mainan yang tersedia merupakan mainan edukasi.

fat baby

fat baby di fat bubble

Sejauh ini kami cukup puas dengan pelayanan dan sajian di Fat Bubble. Tempat yang layak untuk dikunjungi berkali-kali :D.. Oya, kalau ke Fat Bubble dengan niat hanya makan saja, sepertinya harganya tergolong lumayan untuk kantong buwin, hahhaha~ (sekitar 80ribu per orang). Namun jika niatnya sambil ajak anak main, rasanya harga segitu malah untung banget dibanding ke playground berbayar di mall :D.

Sebenarnya buwin ingin membahas satu tempat lagi, yaitu kidzoona Bogor. Namun sayaang lagi buru-buru nih nulisnya, Samudra sudah bangun :s. Akhir kata, semoga harimu terselamatkan dari segala kesedihan, duka, dan nestapa. Semoga dapat bertemu dengan #DiaryBundaSundul lagi bulan depan. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here