#DiaryBundaSundul: Ayahku Idolaku – Cara Ayah Bermain Aktif dengan Anak

7
121
views

Audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim

Kali ini #DiaryBundaSundul akan membahas tema “cara ayah bonding dengan ‘dua’ batita”. Keluarga Budel dan Buwin memang dikaruniai dua anak yang jarak kelahirannya berdekatan (alias kesundulan). Cerita singkat mengenai awal kolaborasi bunda sundul ini bisa dibaca di sini dan di sini. Sekarang kita fokus ke tema saja yaaa… πŸ˜€

Jangan lupa baca juga tulisan Bunda Ade Delina πŸ˜‰

Terima Kasih Untuk Kehadiranmu Ayah

ayahjemur
Ayah herry sang ayah idaman.. *idaman keluarga buwin tentunyaa*

Menurut penelitian yang tercantum pada artikel parenting, peran ayah sangatlah penting bagi pertumbuhan anak. Lebih spesifiknya, konon kedekatan dengan ayah dapat membuat IQ anak lebih tinggi dibanding rata-rata, mengurangi risiko obesitas, gangguan psikologis, dan banyak hal positif lainnya.

Hasil riset tersebut tentunya belum bisa buwin buktikan sendiri ya, mengingat usia anak-anak masih 28 bulan dan 5 bulan :p. Tapi neneknya Matahari dan Samudra (alias ibu saya) sering bilang bahwa kedekatan Ayah Herry dengan Matahari lah yang membuat Matahari lumayan lancarrrr bicaranya. Ya, sama seperti kebanyakan ayah modern, sepertinya Ayah Herry memiliki ketertarikan lebih terhadap ilmu pengasuhan anak. Alhamdulillah! xD

Berdasarkan penelitian pun hubungan yang baik antara ayah dengan anak sebaiknya bukan sekadar “yang penting hadir” saja. β€œThere needs to be a minimum amount of time spent together, but the quality of time is more important than the quantity of time,” Amato says. β€œJust watching television together, for example, isn’t going to help much.” (dikutip dari fatherly.com)

Jika diambil kesimpulan, berbagai manfaat baru akan didapat ketika anak bermain aktif dengan ayahnya. Bukan hanya dengan berada di sampingnya dan menonton televisi bersama (kecuali jika tontonan menjadi bahan diskusi dengan anak mungkin yaaa).

Berikut akan buwin jabarkan “contekan” bagaimana cara Ayah Herry bermain aktif dengan anaknya πŸ˜€

1. Membacakan buku sambil mengarang cerita sendiri

bacabuku
Samudra malah melihat ayahnya, bukan melihat buku

Syukurlah kami memiliki akses yang sangat mudah untuk dapat meminjam berbagai buku bacaan anak, (kalau beli terus kan mahal ya). Kebanyakan buku yang Ayah Herry pinjam memang selalu dipenuhi banyak gambar dan minim tulisan. Di sinilah peran pendamping diperlukan untuk bisa bercerita sambil mengarang bebas.

Matahari paling suka ketika ayah berpura-pura mengambil es krim khayalan dari buku untuk “dimakan” bersama-sama. Ayah Herry selalu mengambil kesempatan untuk mengajarkan konsep mengenal arah atau berhitung ketika sedang membaca buku.

Harapannya pelajaran akan lebih mudah masuk ketika anak merasa senang :D.

2. Rutin menemani berjalan-jalan di sekitar area komplek

jalansore
Halo bapak angsa!

Berjalan-jalan sore ini menjadi rutinitas harian kami (ketika hari cerah dan tidak ada kerjaan dadakan). Banyak sekali manfaat yang bisa didapat hanya dengan berjalan di sekitar komplek. Contohnya belajar untuk selalu berjalan di pinggir ketika kendaraan lewat, mengenal tumbuhan, dll.

Kebetulan ayah adalah tipe orang tua yang cuek walaupun anaknya bermain tanah atau batu di pinggir jalan. Sampai seriiing sekali kami diperingatkan oleh tetangga yang lewat bahwa Matahari akan kotor jika dibiarkan duduk di bawah (jalanan atau atas tanah), hehheeee…

Ngga apa-apa lah, ngga kotor kan ngga belajar ya xD. Hal yang penting diingat tentunya Matahari harus segera mandi ketika sampai di rumah.

3. Pretend play atau bermain pura-pura

motorayah
Sedang berpura-pura menjadi ayah yang mau berangkat kerja

Pura-pura jadi ayah adalah hal terfavorit Matahari (terfavorit kedua adalah menjadi bapak sopir gojek). Setiap hari ia pura-pura naik motor dengan sepedanya, bekerja dengan laptopnya (alias buku terbuka yang disandarkan ke dinding), main gitar, dll. Sampai saking nge-fans nya sama ayah, gaya bicara ayah pun diikuti persis.

Kalau melihatnya seperti ini, buwin jadi teringat kalimat yang dikatakan Wilfred A. Peterson, “Our children are watching us live, and what we ARE shouts louder than anything we can say.”. Brrrrrr… Sungguh horror sebenarnya tugas menjadi orang tua :s.

4. Bermain Musik

mendampingi
Ayah pasrah rambutnya “dimakan” oleh Samudra

Gitar ukulele yang dimiliki sejak belum menikah ternyata kini dapat berguna sekali bagi Matahari. Bahkan ayahnya tidak boleh menyentuhnya karena ia ingin “gonjreng-gonjreng sendiri”. Jadi tugas ayah di sini adalah mengiringinya dengan bernyanyi seadanya, walaupun tentunya lagu dan suara gitar tidak terdengar harmonis xD.

5. Memiliki waktu spesial berdua dengan masing-masing anak

kidzuna
Matahari tidak mau dipakaikan cairan antiseptik oleh mbak-mbak cantik

Ayah Herry memiliki waktu rutin untuk pergi berdua dengan Matahari ke rumah uti akung. Ia pun tidak segan menghabiskan waktu untuk bermain bersama di area permainan khusus anak. Kalau dengan Samudra, biasanya waktu berduanya hanya ketika sang kakak tidur. Lucu sekali melihat samudra yang malah terus melihat ke arah ibunya walaupun sedang diajak main oleh ayah, hahahaa.

Memang waktu ayah lebih banyak tersita oleh sang kakak. Tapi semoga seiring waktu berjalan, jatah bermain bersama ayah bisa adil yaa..

AYAHSAMUDRA
Samudra ayo lihat kameraa

Yap! Begitulah beberapa contekan bagaimana cara Ayah Herry bermain dengan anaknya. Di saat ini kuantitas waktu bersama ayah memang cukup banyak karena ayah bekerja di rumah. Semoga waktu yang dihabiskan pun berkualitas juga yaaa..

Oya, dari kelima aktivitas di atas sebenarnya ada satu lagi yang paling Matahari sukai. Yaitu bermain gulat dengan ayah -__-. Buwin kadang tidak berani melihatnya karena tidak bisa dimungkiri buwin memang cukup over protektif :/.

Namun justru permainan fisik seperti itulah yang baik bagi perkembangan indra vestibular anak. Jadi buwin harus menahan diri walaupun sebenarnya buwin ingin melarang aktivitas berbahaya yang mereka lakukan.

Bagaimana dengan para bunda, apakah sering takut juga melihat aktivitas fisik antara ayah dengan anak? πŸ™‚ Yah yang penting semuanya sehat dan berbahagia yah!

Akhir kata, semoga kamu terselamatkan dari segala duka, kesulitan, dan nestapa :)). Aamiin…

-buwin-

7 COMMENTS

  1. aku setuju ayah punya peranan sama pentingnya dengan ibu dalam mengurus anak. Kalau aku biasa ada dad’s day, saat anak pergi berdua aja sama ayah seharian, ibu enak di rumah santai atau ke salon heheheh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here